Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berita gembira, Jokowi izinkan masyarakat lepas masker

Ilustrasi bahagia, pelonggaran kebijakan penggunaan masker
Sumber : https://images.pexels.com
Berita gembira bagi anda yang sering merasa risih dalam menggunakan masker hingga berjam-jam. Pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan melonggarkan kebijakan penggunaan masker yang merupakan salah satu protokol kesehatan wajib pencegahan penularan virus corona di Indonesia.

Kebijakan ini disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi dalam pernyataan pers di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/5) Petang.

Sebelumnya sudah ada beberapa negara lain mencabut aturan wajib masker di tempat umum, seperti Republik Dominika, Denmark dan Inggris, meski masih mencatatkan angka penularan Covid-19 secara harian.

Sumber : https://akcdn.detik.net.id

Begitu juga dengan Perancis, Norwegia, Belanda, Italia, Israel, Hungaria, hingga Turki. Langkah pencabutan penggunaan masker di tempat umum lantaran tren penyebaran Covid-19 pada negara itu mengalami tren penurunan.

Jokowi menegaskan pelonggaran penggunaan masker hanya pada kalangan masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan dan area terbuka. Kebijakan penggunaan masker tetap berlaku pada kegiatan di ruangan tertutup dan  saat menggunakan transportasi publik.

Selain itu, masyarakat yang sedang mengalami gejala batuk pilek atau masuk dalam kategori rentan yaitu lansia dan memiliki komorbid, disarankan agar tetap menggunakan masker.
Presiden Jokowi
Sumber : https://t-2.tstatic.net/solo/foto/bank/images/jokowi_20161230_163402.jpg
Keputusan Pelonggaran penggunaan masker oleh Pemerintah Indonesia dibuat setelah memperhatikan kondisi penanganan Covid di Indonesia yang semakin terkendali.

Dari pandemi, perlahan menjadi endemi. Begitulah kira-kira dinamika transisi covid-19 di Indonesia hari ini. Setelah kurang lebih 2 tahun sejak awal April 2020 silam pemerintah mewajibkan penggunaan masker bagi masyarakat dalam melaksanakan kesehariannya.

Kebijakan ini diharapkan menghadirkan multiplier effect (efek berganda) pada iklim investasi, peningkatan wisatawan domestik/mancanegara, peningkatan aktivitas maupun konsumsi masyarakat  yang berimplikasi pada peningkatan pendapatan maupun penyerapan tenaga kerja. Mengobati ekonomi nasional yang sempat lesu menjadi bugar, demi mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Indonesia.




Posting Komentar untuk "Berita gembira, Jokowi izinkan masyarakat lepas masker"