Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Kalender yang digunakan diseluruh dunia, Kalender Gregorian

    Sumber : https://pixabay.com/illustrations/happy-new-year-fireworks-holiday-7569198/

Kalender Gregorian adalah kalender yang paling umum digunakan di seluruh dunia saat ini. Kalender ini diberi nama sesuai dengan nama Paus Gregorius XIII, yang mengeluarkan dekrit papal pada tahun 1582 yang menetapkan sistem kalender ini.

Kalender Gregorian terdiri dari 12 bulan, dengan setiap bulan terdiri dari tanggal 1 hingga 31, kecuali bulan Februari yang hanya terdiri dari tanggal 1 hingga 28 (atau 29 pada tahun kabisat). Setiap tahun dianggap sebagai tahun kabisat jika tahun tersebut merupakan kelipatan 4, kecuali jika tahun tersebut merupakan kelipatan 100 kecuali juga merupakan kelipatan 400.

Kalender Gregorian merupakan hasil penyesuaian dari kalender Juli yang sebelumnya digunakan di dunia Barat. Kalender Juli mengalami kesalahan sebesar 10,8 hari setiap tahun, sehingga Paus Gregorius XIII memutuskan untuk menyesuaikan kalender tersebut dengan menghilangkan 10 hari pada bulan Oktober tahun 1582.

Pengadopsian kalender Gregorian tidak segera terjadi di seluruh dunia. Beberapa negara di Eropa Barat segera mengadopsi kalender tersebut, sementara negara-negara lain menunggu beberapa tahun sebelum mengadopsinya. Beberapa negara, seperti Inggris dan Amerika Serikat, baru mengadopsi kalender Gregorian pada abad ke-18.

Sekarang ini, kalender Gregorian digunakan di hampir semua negara di dunia, meskipun ada beberapa negara yang masih menggunakan kalender lokal mereka sendiri sebagai kalender resmi. Meskipun demikian, kalender Gregorian merupakan kalender yang paling banyak digunakan dan diakui secara internasional.

Posting Komentar untuk "Sistem Kalender yang digunakan diseluruh dunia, Kalender Gregorian"